Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangatlah cepat, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Terlebih perangkat lunak (software), untuk freeware nya berkembang dengan sangat cepat. Misalnya sebuah game pada sistem operasi Android, yang kini banyak digemari oleh berbagai kalangan di berbagai belahan dunia, game menarik yang baru dirilis sudah diunduh oleh banyak orang. Hal di atas hanyalah sebagian dari fenomena perkembangan teknologi informasi.


Perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat, bukannya tidak ada kerugiannya. Salah satu dampak negatif yang dirasakan para praktisi IT, diantaranya cepatnya suatu teknologi menjadi kuno. Mungkin saja suatu teknologi adalah paling canggih pada suatu waktu, tetapi beberapa saat setelahnya teknologi tersebut muncul teknologi yang melebihinya, sehingga teknologi tersebut menjadi bukan yang tercanggih lagi.

Mungkin untuk Teknologi bersifat Software kurang begitu terasa bedanya, karena software dapat dengan mudah diganti, untuk software-software yang bersifat open source. Namun, beda halnya apabila hardware yang berkembang. Graphic card, misalnya, untuk yang paling bagus, bisa mencapai puluhan juta rupiah harganya. Demikian pula dengan prosesor.
Perkembangan Teknologi yang demikian pesat, tentu saja hampir mustahil untuk terus kita ikuti yang terbaru, kecuali anda mempunyai dana yang cukup besar untuk mendapatkan teknologi terbaru (dan juga sediakan pula tempat sampah yang cukup besar untuk membuang teknologi kuno anda). Saran saya, gunakan periferal yang anda butuhkan saja, setidaknya sudah meng cover kebutuhan IT anda.



Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
  1. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
  2. Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  3. Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
  4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
  5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.

Nah yang terakhir ini adalah jenis-jenis aplikasi teknologi informasi :

  • Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
  • Aplikasi di bidang sains : Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
  • Aplikasi di bidang teknik / rekayasa : Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
  • Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi : Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
  • Aplikasi di bidang administrasi umum : Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
  • Aplikasi di bidang perbankan : Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
  • Aplikasi di bidang pendidikan : Contohnya adalah e-learning (distance learning).
  • Aplikasi di bidang pemerintahan : Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).
  • Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran : Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor dan lainnya.
  • Aplikasi di bidang industri / manufaktur : Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.
  • Aplikasi di bidang transportasi : Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.
  • Aplikasi di bidang pertahanan keamanan : Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.

sumber : http://fprasetyo.mhs.uksw.edu/2013/03/sekilas-tentang-teknologi-informasi.html

Komentar